Selasa, 11 Maret 2014

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Akhir akhir ini para muda mudi ditingkat SMA ( Sekolah menengah Atas) sedang sibuk, galau, dan gundah gulana dikarenakan bingung untuk memilih jurusan kuliah apa yang cocok untuk mereka. Nah dari sanalah saya termotivasi untuk menulis artikel ini "Tips Memilih Jurusan Kuliah" bagi temen temen sekalian yang akan menempuh pendidikan lanjutan setelah SMA (kuliah) jangan sampai salah pilih jurusan. mengapa demikian?

karena jikalau anda salah memilih jurusan maka yang terjadi adalah ketidak mauaan anda untuk belajar sesuai apa yang telah anda pilih. Maka dari itu pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan passion (hobi/kesenangan) anda. jangan hanya berdasarkan atas peluang kerja yang didapat. percuma amda memilih jurusan ekonomi akutansi kalau toh passion anda tidak disitu. memang akutansi adalah jurusan yang diminati di banyak universitas negeri, namun... jika anda memang tidak menyukainya kenapa musti dipaksa? kan mubadzir kalau kuliah bayar mahal - mahal namun tak ada kerelaan hati untuk menerima semua yang telah diajarkan disana. lebih baik anda ambil jurusan dimana anda merasa sangat senang atau enjoy berada disana.

itu merupakan prolog nya mari kita langsung bahas mengenai "Tips Memilih Jurusan Kuliah"

Pertama
Ketahui passion mu!! Langkah pertama yang harus kamu ketahui dalam Tips Memilih Jurusan Kuliah adalah what your passion?? apa passion anda? jika anda tidak menemukannya maka cobalah anda mengikuti tes bakat dan minat, dan diskusikan dengan guru guru anda, karena mereka pasti tau bagaimana anda. maka konsultasi juga penting dalam Memilih Jurusan Kuliah.


Kedua
Jangan pernah terpengaruh dengan statemen "Setelah Kuliah kamu Mau Kerja Apa?". statemen itu hanyalah bagi mereka yang tak pernah mau menggali passion individu. jikalau kau memang benar benar menyukai suatu bidang janganlah kamu menyangkalnya karena berpikiran bahwa jurusan yang kamu minati tidak berpeluang mendapatkan pekerjaan, helooo "emangnya lu yang nentuin gue kerja dimana?" sesuai prinsip islam bahwasannya siapa yang bersungguh sungguh merekalah yang berhasil " man jadda wa jada. jadi jangan pernah terpengaruh akan statemen menyesatkan seperti itu.

Ketiga
Jangan pernah hiraukan perkataan orang, ikuti hatimu!!. Karena jikalau engkau gagal maka orang lain tidak akan bertanggung jawab atas kegagalan mu, jadi marilah kita bangkit akan perasaan takut gagal hanya karena "Apa Kata Orang?" camkan ini kutipan yang saya ambil dari twitter "Inilah aku, tetap aku, dan akan menjadi aku, karena aku adalah aku." come on sekarang jamannya berbeda jangan pernah gengsi terhadap pilihan hatimu. jika kamu lebih tertarik menjadi tekhnik elektro jangan sekali kali kamu ambil jurusan lain semisal pertanian dikarenakan, kata orang jurusan pertanian itu bagus, cepat dapat kerja dll

Keempat
Optimis dan yakin terhadap pilihan yang telah anda tetapkan!!. Dalam segala keadaan optimis itu penting, karena otak akan terintegrasi dengan hati membentuk kekuatan baru yang tak pernah anda ketahui sebelumnya. maka dalam Tips Memilih Jurusan Kuliah anda diarahkan untuk tetap optimis dalam keadaan apapun.

Kelima (last)
Berdoa, berdoa, berdoa, dan berusaha!! mengapa berdoa jadi begitu penting dalam Tips Memilih Jurusan Kuliah??  berdoa amatlah penting bagi mereka yang meyakini adanya tuhan! karena saya muslim maka saya harus selalu berdoa kepada Allah sang pencipta agar tujuan hidup tercapai, begitupun juga dengan anda yang akan memilih jurusan kuliah!! maka berdoa menjadi sesuatu yang perlu disana. betapa tidak? yang akan menentukan anda masuk mana memang dari anda, namun itu semua atas izin tuhan, jika tuhan tak mengijinkan maka apalah arti keputusan anda? sholat istikhoro untuk memohon petunjuk juga amatlah berguna bagi muslim yang ingin memilih jurusan kuliah.

0 komentar:

Posting Komentar